Langsung ke konten utama

Cara Perpanjangan SIM A / SIM C di SATLANTAS POLRES Tulungagung | Informasi Prosedur / Tahapan & Tips Perpanjangan SIM A / SIM C



Update nih.. CARA MEMPERPANJANG SIM di Tulungagung tahun 2016Ada beberapa perubahan, yang mungkin kita dapatkan bagi anda yang pernah memperpanjang SIM di Tulungagung sebelumnya, seperti:
  • Bergantinya tempat tes kesehatan, Sekarang ada di sebelah Timur Laka Lantas, Selatan jalan ya... ( ada tulisanya KESEHATAN, ruko dengan pintu warna ijo, sekarang diganti dengan KLINIK DOKTER tulisanya. )
  • Tidak langsung mendapatkan SIM yang baru pada hari itu juga
  • Dipanggil per 57 Orang untuk ke loket BRI dan membayar perpanjangan
  • Perubahan biaya fotokopi + MAP + dan perlengkapan lain yang disiapkan bagian fotokopi Rp 15.000
  • Regulasi Baru SIM C ( Motor sampai 250cc ), SIM C1 ( 250cc - 500cc ), SIM C2 (500cc-750cc ), SIM C3 ( 750cc - 1000cc )
  • Bahu jalan, bukan tempat parkir ya.. :)  




Mudah untuk Melakukan Perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi)

Pada artikel kali ini, kami memberikan kepada anda informasi tentang prosedur perpanjangan SIM A / SIM C di Satlantas Polres Tulungagung. Artikel ini kami buat, sebagai bentuk bantuan kepada masyarakat Tulungagung yang masih belum mengerti cara perpanjangan SIM.


Selain itu kami memberikan informasi ini, agar anda tidak perlu menggunakan Calo (biasanya tukang parkir di sekitar luar Satlantas Polres Tulungagung) yang mencoba menawarkan jasa untuk menguruskan perpanjangan SIM anda. Sudah santai saja untuk mengurus perpanjangan SIM, petugasnya ramah kok,, tidak perlu anda khawatir nanti gagal. Jangan terbujuk rayuan Calo maupun orang yang menguruskan perpanjangan sim anda.




Masa Berlaku SIM,

SIM A / SIM C memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Masa berlaku SIM biasanya disesuaikan dengan tanggal lahir anda. Jadi untuk mempermudah anda melihatnya, silahkan ingat-ingat tanggal lahir anda. Jadi di tahun apa anda memperpanjang sim, ditahun itupula anda dicatat mulai dicatat masa berlaku SIM anda 5 tahun lagi, dan tanggal berlakunya sampai dengan tanggal lahir anda.




Satlantas Polres Tulungagung Jawa Timur | Suasana Halaman Satlantas
Tulungagung dengan 2 Motor untuk Uji Praktek (Matic / Non-Matic)





Prosedur Perpanjangan SIM A / SIM C.
Sebelum anda memperpanjang SIM,, sebaiknya mengerti dulu,, kemana anda seharusnya melakukan perpanjangan SIM,,?? jawabanya di SATLANTAS POLRES Tulungagung. Lalu kemanakah anda mesti memulainya?? sabar,, lihat tahapan -tahapan yang kami berikan di bawah ini.




Hindari Pakai Calo,
Pada saat anda datang ke Satlantas Tulungagung, tentu anda akan mendapatkan tawaran dari tukang parkir yang ada di luar Satlantas Polres Tulungagung untuk jasa membantu perpanjangan anda. Gak perlu... anda pakai calo, begitu mudah untuk memperpanjang sim,, kami menulis ini untuk anda agar anda sadar,, bahwa proses perpanjangan sim itu mudah, tidak sulit dan juga tidak ribet,, asal anda tahu langkah-langkahnya. :) Petugasnya pun juga ada yang ramah melayani anda, serta menuntun proses-proses yang anda lewati.




Hal-hal yang perlu disediakan dalam perpanjangan SIM
Ini yang penting, mau perpanjang sim, tapi tidak tahu apa yang harus dibawa?? semoga informasi ini mempermudah dan membantu anda untuk menyiapkan apa saja yang akan anda bawa saat akan berkunjung ke satlantas tulungagung guna memperpanjang sim.



Persiapan sebelum perpanjangan sim A / Sim C anda lakukan,, siapkan hal-hal berikut ini: 

  1. Bawa KTP Asli, dan SIM A / SIM C yang akan anda perpanjang. Bawa ke tempat Fotokopi di Laka Lantas Tulungagung.
  2. Nanti jangan lupa minta surat keterangan sehat, dari KESEHATAN Satlantas Tulungagung. Anda terkena biaya 20.000 untuk surat keterangan sehat ini.
    (bagaimana caranya?? lihat skema yang akan kami berikan di bawah.)
  3. Sadarilah kalau anda akan mendapatkan tawaran asuransi (Rp 30.000), ketika anda ke bagian KESEHATAN (saat membuat surat keterangan sehat). ASURANSI itu pilihan,, tidak perlu menggunakanya pun anda bisa memperpanjang sim anda kok. Sebagian orang tidak akan mengurus Asuransi ini, jadi bisa menghemat 30.000  :)
  4. Sediakan Uang untuk Perpanjangan SIM A =
    • 80.000 (biaya perpanjangan sim A),
    • 20.000 (surat keterangan sehat),
    • 15.000 (maps, dan fotokopi sim dan ktp asli).
    • Total 115.000

  5. Sediakan Uang untuk Perpanjangan SIM C =
    • 75.000 (biaya perpanjangan sim C),
    • 20.000 (surat keterangan sehat),
    • 15.000 (maps, dan fotokopi sim serta ktp asli).
    • Total 110.000




Langkah-langkah Perpanjangan Sim A/ C 

  • Datang ke SATLANTAS POLRES TULUNGAGUNG, di Jalan Letjend Suprapto Tulungagung, atau Perempatan BTA ke Timur kira-kira 100m, selatan jalan.
  • Cari tempat fotokopi di dalam SATLANTAS POLRES Tulungagung. (lihat lokasi fotokopi di denah, di bawah ). Fotokopi KTP Asli dan SIM yang akan diperpanjang di tempat Fotokopi yang telah disediakan oleh SATLANTAS POLRES Tulungagung.
  • Setelah itu anda bilang ke bapak/ibu yang jaga fotokopi untuk beli map formulir perpanjangan. (di dalam map masih belum terdapat apa-apa,, Cuma foto dan sim anda di strapless di depan map).
  • Anda daftar ke bagian kesehatan untuk cari surat keterangan sehat, silahkan anda langsung masuk saja. Biasanya di bagian kesehatan ini ada meja kursi untuk bagian pemohon perpanjangan / pembuatan sim baru yang berminat untuk mendapatkan Kartu Asuransi. Tapi itu pilihan anda, terserah anda mau ke asuransi dulu atau tidak, kalau anda mampir di bagian asuransi, maka anda akan dikenai biaya (Rp 30.000) untuk asuransinya.
  • Setelah mendapatkan surat keterangan sehat dari Klinik Kesehatan Satlantas,, silahkan anda menuju ke Loket Pendaftaran / Formulir.
  • Setelah disana anda dilayani,, dan anda diberi formulir,, tidak perlu mengisi data diri di formulir anda,,karena mengisi formulir itu diperuntukkan bagi orang yang ingin membuat sim baru. Setelah dari bagian pendaftaran/ formulir, langsung ke LOKET BRI untuk membayar biaya perpanjangan SIM.
  • Setelah anda dari LOKET BRI, silahkan anda langsung saja ke Ruang Pengambilan FOTO SIM.
  • Di dalam Ruang Foto SIM, didalamnya terdapat 3 Loket, Pertama anda masuk ke bagian loket Registrasi. Di Loket ini, anda akan mendapatkan no. antrian untuk Pengambilan FOTO. Duduk saja sambil menunggu no. antrian.
  • Setelah sampai pada no. antrian anda,, silahkan ke bagian pengambilan FOTO. Disana ada 3 Bilik Pengambilan FOTO. Sebelum difoto, anda masih akan ditanyai untuk mengecek kepastian nama dan alamat,, hehe biasanya tukan fotonya ini ramah kok,, jadi jangan serius-serius amat. KTP asli, dan bukti PEMBAYARAN BRI akan dikembalikan lagi ke anda pada Loket ini. Terus anda diminta meletakkan jempol anda di scanner sidik jari elektrik, berikutnya diminta melakukan tanda tangan di mesin elektrik.
  • Setelah selesai cap jempol jari, dan tanda tangan. Senyum sedikit ya,, karena anda akan difoto. Lihat kamera dan..... jepret. Setelah selesai di ruang foto, silahkan anda mengantri lagi untuk dipanggil nama anda oleh bagian penyerahan sim,, karena sebentar saja, sim anda sudah jadi kok.. hehe…. Saat mengambil SIM, silahkan anda menyerahkan Bukti Pembayaran Loket BRI yang diberikan di ruang foto tadi ke petugas di bagian penyerahan sim. Bukti Pembayaran akan ditukar dengan SIM anda yang baru :)
     
  • Selamat,, anda mendapatkan sim yang baru,, masa berlaku sampai 5 tahun. Jadi jika anda melakukan perpanjangan pada tahun 2014, terserah pada bulan apa, maka anda akan mendapatkan SIM BARU yang berlaku sampai dengan tanggal kelahiran anda dan di tahun 2019. Jadi Masa berlakunya tinggal inget-inget aja tanggal kehalihiran anda. :)











Langkah 1. Cari Lokasi Satlantas Polres Tulungagung


Lokasi Satlantas Polres Tulungagung
Lokasinya yaitu Perempatan BTA ke Timur (Jalan Letjend Suprapto) kira-kira 100m, lokasinya di bagian selatan jalan. Gambar di bawah ini merupakan denah Satlantas Polres Tulungagung untuk Pemohon Perpanjangan SIM.





Denah Satlantas Polres Tulungagung, untuk Pemohon SIM Baru,
Maupun untuk Pemohon Perpanjangan SIM




Cari Tempat Parkir untuk Kendaraan Anda.

Tempat Parkir di dalam Satlantas Polres Tulungagung, ditunjukkan pada denah di no.8. Tempat Parkir tersebut dikhususkan untuk pengendara Sepeda Motor. Untuk Pengendara Mobil, silahkan anda bisa parkir dipinggir jalan Letjend Suprapto. Parkirkan kendaraan anda dengan nyaman, dan rapi ya,, sebelum anda menuju ke Fotocopy.


Tepat Parkir yang nyaman di Satlantas Polres Tulungagung







Langkah 2, Cari Tempat Fotokopi di Satlantas Polres Tulungagung.

Pada Denah ditunjukkan dengan no.2. Setelah anda menemukan lokasi tempat fotokopi,, langsung saja serahkan ktp dan sim yang akan diperpanjang untuk difotokopi. Lalu tengoklah ke sebelah,, anda akan mendapati tumpukan map untuk pemohon perpanjangan sim / pemohon sim baru.


Setelah Fotokopi anda selesai, maka petugas akan membantu menatakan Fotokopi KTP dan SIM anda di Map dengan rapi,, setelah itu anda akan dikenai biaya Rp 8.500 untuk fotokopi, map kosong, serta tempat sim dan ktp anda.



Tempat Fotocopy di Satlantas Polres Tulungagung.

Map Untuk Mengurus Perpanjangan SIM A / SIM C





Langkah 3, Anda Mendaftarkan diri ke bagian kesehatan, untuk minta surat keterangan sehat.

Pada Denah, bagian kesehatan Satlantas Polres Tulungagung ini ditunjukkan pada no.12. Pada bagian kesehatan ini anda akan menemui loket Asuransi. Biasanya petugas Asuransi akan bilang gini " Mau Perpanjangan SIM, Pak?? / Bu?? Silahkan KTP dan SIM??" Kalau anda duduk dan diberi Kwitansi, anda akan dikenai biaya 30.000 untuk biaya Asuransi.



Lokasi Bagian Asuransi ini ada tepat diluar Bagian Kesehatan.



Kalau anda tidak ingin Asuransi pun,, anda tetep bisa perpanjangan sim kok.. hehe lalu bagaimana cara menolaknya?? Tolak dengan senyuman aja ya.. Tapi tetep.. mau pakai asuransi atau tidak.. itu pilihan anda sekalian. 





Langkah 4, Setelah Mendapatkan Surat Keterangan Sehat Langsung ke Bagian Pendaftaran Atau Formulir.

Pada Denah, bagian pendaftaran atau formulir ditunjuk pada no.7. Loket ini berdampingan dengan LOKET BRI.


Setelah dapat Surat Keterangan Sehat, Segera ke Loket Pendaftaran /
Formulir


Loket Pendaftaran / Formulir Satlantas Polres Tulungagung







Langkah 5, Loket BRI, bayar uang perpanjangan sim. SIM A = 80.000,  SIM B = 75.000

Setelah anda mendapatkan formulir,, dengan ditandai diserahkannya sebuah lembaran seperti gambar di bawah ini. berarti anda sudah langsung aja ke Loket BRI. Untuk pemohon perpanjangan sim, tidak perlu lagi mengisi formulir tersebut.


Loket BRI di Satlantas Polres Tulungagung Jatim






Langkah 6. Setelah Bayar di Loket BRI, Silahkan anda ke RUANG FOTO. 

Ruang Foto ditunjukkan pada denah no. 11.


Ruang Foto SIM Satlantas Polres Tulungagung



Terdapat 3 Loket yang terdapat di Ruang Foto SIM
1. Pertama Loket. Registrasi : Anda menyerahkan Maps, Formulir, KTP Asli, SIM Asli. Setelah itu anda akan diambilkan no. antrian. Lihat no. antrian anda, tunggu hingga no. anda dipanggil.

2. Tempat Pengambilan Foto : Setelah no. antrian anda dipanggil, berikutnya anda ke Loket Tempat foto sesuai dengan bilik tempat foto. Terdapat 3 bilik untuk foto. Anda akan dilayani dengan ramah di tempat foto ini.

3. Loket Penyerahan SIM: Setelah anda difoto, KTP Asli anda diberikan, serta bukti pembayaran juga dikembalikan, maka anda menunggu lagi di ruang tunggu Loket Ruang Foto SIM. Tetapi kali ini anda tidak menunggu untuk dipanggil no. antrian, tetapi menunggu untuk dipanggil namanya, guna mengambil SIM yang sudah jadi.



Bagaimana?? cepat kan? prosesnya. waktunya antara 1/4jam -1/2jam. Silahkan coba sendiri ya,,:)




Komentar

  1. Terima kasih artikelnya.. sangat membantu. Karena mengurus perpanjangan 5 tahun sekali jadi sering lupa..

    BalasHapus
  2. alhamdulillah
    tambah mudah mengurus SIM online sendiri
    terima kasih banyak infonya

    BalasHapus
  3. Informasi yang sangat jelas dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih banyak, kalau ada yang kurang lengkap silahkan bantu untuk menambahkan ya gan, agar warga tulungagung banyak yang tahu prosesnya

      Hapus
  4. Sim saya udah berakhir tgl 3jan2017 kemarin. Kmrn Saya lupa mau merperpanjang dan ini sdah telat 2 hari apa gk pa" dan bisa perpanjang lagi ato harus bkin yg baru dari awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlambat 1 hari saja, mesti bikin baru mb rita.
      Untuk berikutnya, jangan lupa masa kadaluarsa sim ya, :) Tanda nya sih, sebelum hari kelahiran anda per lima tahun sekali. Aman nya, 2 pekan sebelum masa kadaluarsa sim ya.

      Hapus
  5. Untuk jari minggu apa masih buka pelayanan perpanjangan sim nya?thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senin - Sabtu, khusus untuk sabtu dibatasi jam nya..

      Hapus
  6. Min berapa hari baru bisa d perpanjang

    BalasHapus

Posting Komentar